KHALIFAH ABU BAKAR SHIDDIK

KHALIFAH ABU BAKAR SHIDDIK

Khalifah Abu Bakar as-Shiddik - Abu Bakar Shiddik adalah seorang sahabat Rasulullah SAW. yang sangat setia. Beliau selalu mendampingi dan membela Rasulullah SAW disaat senang maupun susah. Ketika beliau menjabat sebagai khalifah, kesetiaannya terhadap Al-Qur'an dan sunah Nabi tetap dipertahankan. Hal ini pulalah yang selalu beliau terapkan kepada kaumnya demi tegaknya agama Islam.

A. Silsilah Abu Bakar Ahiddik

Sebelum memeluka agama Islam, beliau bernama Abdul Ka'ab dan setelah memeluk agama Islam namanya diganti oleh Rasulullah SAW menjadi Abdullah bin Abi Quhafah At-Tamimi. Beliau termasuk suku Quraisy dari bani Tamim, ayahnya bernama Quhafah bin Amir dan ibunya bernama Ummul Khair Salma binti Sakhir. Beliau lahir dua tahun setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Abdullah ibnu Abi Quhafah kemudian dijuluki Abu Bakar oleh Rasulullah SAW. Abu artinya " Bapak" dan Bakar artinya " Pagi" dan ada yang metafsirkan " segera ". Beliau di beri julukan Abu Bakar oleh Rasulullah SAW karena beliau merupakan orang dewasa yang pertama kali memeluk agama Islam, sehingga beliau termasuk sahabat Assabiqunal al-Awalun, yaitu " Sahabat yang pertama kali masuk Islam".

Setelah peristiwa Isro' Mi'raj, beliau diberi gelar As-Siddiq oleh Rasulullah SAW karena beliau adalah orang yang selalu membenarkan segala tindakan dan ajaran  Rasulullah SAW. Sejak itu beliau bernama Abu Bakar. Garis keturunan Abu Bakar dan Nabi Muhammad SAW bertemu pada Murrah bin Ka'ab, anak urrah yang bernama Tamim menurunkan Abu Bakar. Anak Murrah yang bernama Kilab menurunkan Nabi Muhammad SAW.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan silsilah Abu Bakar As-Shiddiq berikut ini.