PENGERTIAN ISTIHADLAH

PENGERTIAN ISTIHADLAH

Yang dinamakan istihadlah adalah penyakit yang keluar dari perempuan dibukan harinya, artinya kurang dari sehari semalam atau lebih dari lima belas hari, dan bukan diharinya nifas, artinya melewati enam puluh hari.
darah kotor

Perempuan yang mengeluarkan istihadlah dinamakan Mustahadlah, yang hukumnya sama seperti orang yang beser (selalu mengeluarkan hadats), artinya masih ber-kewajiban melakukan sholat dan puasa, boleh karena dlarurat, sebelum berwudlu wajib mencucinya dan jika dalam keadaan tidak berpuasa wajib bagi dia untuk menyumbatnya dengan kapas atau yang lain, mengikatnya dengan kencang, dan wajib cepat-cepat melakukan sholat. Seandainya tidak cepat-cepat sholat maka dia wajib mengulang

wudlunya, selama tidak cepat-cepatnya dia sholat itu bukan demi kemaslahatan sholat seperti menutup aurat dan menanti berjama’ah. Dan wudlunya harus dilakukan setelah masuk-nya waktu sholat dan wudhunya itu hanya untuk satu sholat fardlu dan boleh melakukan sholat sunnah sebanyak yang dia mau. Setiap satu fardlu, wajib bagi dia untuk memperbaharui wudlunya, mencuci, menyumbat dan lain-lainya, sekiranya banyak terkena .

Seandainya istihadlah berhenti setelah wudlu, maka perempuan itu harus meng-ulang mencucinya, mengulang wudlunya dan wajib mengulang sholat yang dilakukan dengan menggunakan wudlu yang pertama.

Demikian itu, sekiranya didalam berhentinya itu cukup untuk melakukan bersuci dan sholat, sebab  itu tidak keluar lagi atau keluar lagi tapi didalam masanya tidak keluar masih cukup untuk bersuci dan sholat.

Namun seandainya didalam masanya darah tidak keluar itu tidak cukup untuk melakukan bersuci dan sholat, maka dia tidak diwajibkan untuk mengulang bersuci dan sholatnya. Wallahu a’lam.