HADIS TENTANG KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAH

HADIS TENTANG KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAH

Hadis Tentang Keutamaan Shalat Berjamaah - Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar sesungguhnya Rosulullah saw bersabda :

(صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً  (رواه اكخاري ومسلم وابن ماجه

Artinya :
Shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat. (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah).



Hadits di atas menerangkan tentang keutamaan shalat berjamaah.

Fairuz adalah anak yang rajin, yang selalu sholat jamaah lima waktu. Suatu hari badannya agak demam, ibunya berkata kepadanya, Nak.. hari ini tidak usah ke masjid dahulu, nanti setelah benar-benar sembuh Fairuz boleh ke masjid lagi“. “ Iya Bu….. Fairuz tidak mau ketinggalan sholat berjamaah. Sholat berjamaah pahalanya dua puluh tujuh kali lipat bila dibandingkan dengan sholat sendirian.

Fairuz mau ke Masjid dulu ya, bu…. Insya Allah Fairuz cepat sembuh”. Nah, apa sebabnya Fairuz tidak mau ketinggalan sholat berjamaah ? Sebab dia mengetahui bahwa sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian.

Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu sholat berjamaah. Dengan berjamaah kita dapat bersilaturrohim dengan sesama tetangga, sesama teman dan bahkan dengan siapa saja.


Dengan sholat berjamaah kita dapat bercengkrama, saling bertukar pikiran dan pendapat, membicarakan kebaikan ummat dan bahkan kita bisa mengetahui keadaan teman-teman atau tetangga yang kebetulan ada yang sakit.

Sholat berjamaah banyak sekali manfaatnya, karena Rasulullah sangat menganjurkan ummatnya untuk melakukan sholat secara berjamaah. karena Rasulullah selama hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat berjamaah.

Sholat berjamaah dapat dilakukan di masjid dan di rumah. Dilakukan di masjid jauh lebih baik.
Sholat berjamaah dilakukan paling sedikit oleh dua orang, imam dan makmum, dan hukumnya sunnah muakad, yaitu sunnah yang dianjurkan (dikuatkan).

Sepulang dari masjid Fairuz tambah semakin sehat, riang dan gembira lalu bercerita kepada teman-temannya, ketika Fairuz berangkat ke masjid tidak lagi sendirian teman-temannya banyak yang ikut. Ada beberapa hikmah sholat berjamaah antara lain :

1. Meningkatkan kedisiplinan
2. Mempererat persatuan dan kesatuan ummat Islam
3. Menumbuhkan rasa sosial dan hidup kebersamaan
4. Menumbuhkan rasa kasih sayang
5. Menumbuhkan sifat tolong menolong